Kampus ITB Watubelah Jadi Pusat Penelitian Oseanografi

By
hidroponikcirebon

CIREBON – Meskipun Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kabupaten Cirebon belum beroperasi, namun perencanaannya sudah sangat matang. Khusus untuk kampus ITB Watubelah, akan diproyeksikan menjadi Pusat Penelitian Oseanografi. Sedangkan untuk perkuliahan, nantinya akan ditempatkan di Arjawinangun.

Penegasan itu disampaikan Wakil Rektor ITB, Prof Dr Wawan Gunawan saat Opening Ceremony Pusat Penelitian Oseanografi yang bekerja sama dengan Korea Selatan, Jumat (14/9). Wawan mengatakan, sudah bekerja sama sejak lama dengan Korea Selatan untuk penelitian Oseanografi.

Kerja sama itu dimulai dari tahun 2000, kemudian lebih detail lagi tahun 2010 dalam Bidang Pengembangan Sains dan Teknologi Kelautan. “Contoh saja, kita mengidentifikasi keberadaan ikan komoditas terbaik ada di mana. Juga untuk rute perjalanan kapal laut, kemudian set up pelabuhan terbaik dan juga kondisi cuaca,” jelasnya.

Wawan menyebutkan, akan menempatkan Pusat Penelitian Oseanografi ini di kampus ITB Watubelah yang fokus pada kegiatan riset dan beberapa yang membantu untuk pengembangan kemahasiswaan tugas akhir tesis. Sedangkan kampus utamanya ada di Arjawinangun.

Untuk menunjang pusat penelitian ini, ITB akan mempersiapkan dan menyediakan peralatan canggih untuk memonitor. Setelah itu, dengan kerja sama ini, ada kunjungan khusus antara Presiden Jokowi dengan Presiden Korea Selatan yang salah satunya meresmikan kerja sama ini.

Sementara itu, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra yang turut hadir mengatakan, sangat berterima kasih karena Kabupaten Cirebon dijadikan salah satu lokasi kampus ITB disertai dengan Pusat Penelitian Oseanografi. Sunjaya berjanji akan selalu mendukung seluruh kegiatan kampus ITB yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Kita lihat bagaimana antusiasme Korea Selatan yang memilih Kabupaten Cirebon. Saya akan mendorong dan menyupport semua kegiatan ITB,” tuturnya. (den)

 

Sumber Berita : radarcirebon.com

Datautama.NET.ID

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Datautama.NET.ID

You may also like

Hot News