BENDUNG KARET KALI PERAWAN SIAP DIOPERASIKAN

By
hidroponikcirebon

Rampung Dibangun Akan Diresmikan Presiden Jokowi,
INDRAMAYU – Proyek pembangunan bendungan karet Kali Perawan di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, kini sudah rampung.

Bendungan yang menelan biaya sebesar Rp74 miliar itu juga sudah bisa dioperasikan. Selain untuk membantu para petani, juga air baku pada bendungan tersebut bisa untuk kebutuhan lainnya.

Dibangunnya bendung karet Kali Perawan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai upaya untuk menanggulangi kekeringan maupun banjir di wilayah Kecamatan Kandanghaur. Karena selama ini disetiap musim kemarau atau masa tanam gadu, areal pesawahan di Kecamatan Kandanghaur mengalami kekeringan. Sebagai solusi petani memanfaatkan air sungai Ciperawan untuk mengaliri sawahnya.

Menurut Kuwu Ilir, H Rastiman Abdul Wahab, untuk bisa mengambil air pada sungai Ciperawan, dilakukan penambakan guna mencegah air laut masuk. Rastiman mengatakan, untuk menambak sungai dibutuhkan biaya. Dan itu dilakukan setiap tahun saat masa tanam gadu.

“Kami para kuwu (kades,red) di Kecamatan Kandanghaur patungan. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp40 juta, untuk menyewa alat berat.Sekarang Alhamdulillah, telah dibangun bendungan karet. Kami menyampaikan terima kasih kepada Kementrian PUPR, khususnya Pak Yoseph Umarhadi anggota Komisi V DPR RI. Karena dibangunnya bendungan ini atas usaha beliau yang memperjuangkan aspirasi kami para kuwu,” ujarnya.

Sementara Yoseph Umarhadi mengatakan, masalah kekeringan di Kecamatan Kandanghaur menjadi persolalan bagi petani. Untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah perlu membangun bendungan. Kini bendung karet yang diharapkan petani telah terealisasi.

“Sebelumnya para kuwu menyampaikan aspirasi terkait keinginan agar di sungai Ciperawan dibangun bendung karet. Selanjutnya saya sampaikan aspirasi tersebut dan meminta ke Menteri PUPR terkait keinginan petani Kandanghaur itu. Karena ini pada persoalan kekeringan dan menyangkut ketahanan pangan, akhirnya cepat cepat direalisasikan. Dibangunnya bendung karet Kali Perawan diharapkan bisa mengatasi kekeringan di Kecamatan Kandanghaur,” ujarnya.

Menurut anggota dewan dari PDI Perjuangan itu, bendung karet Kali Perawan rencananya akan diresmikan Presiden Ri Joko Widodo. “Kamis besok (hari ini,red) akan dikunjungi Menteri PUPR Bapak Basuki Handimulyo,” kata yoseph.

Kepala BBWS Citarum, Bob Arthur Lambogia menyebutkan bendug karet Kali Perawan merupakan bendungan berteknologi modern. Bendungan ini berfungsi selain untuk air baku, juga pengendali banjir. Dari air baku yang tertampung bisa untuk mengaliri areal persawahan seluas. 2.500 hektare diwilayah Kecamatan Kandanghaur. Kini bending Karet Kali Perawan itu sudah bisa dioperasikan. (kom)

 

Sumber berita :

RADAR CIREBON GROUP
KAMIS PAHING, 08 NOVEMBER 2018, 29 SAFR 1440 HIJRIYAH, HALAMAN 14
BENDUNG KARET KALI PERAWAN SIAP DIOPERASIKAN

Datautama.NET.ID

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Datautama.NET.ID

You may also like

Hot News